Posted by : Unknown Monday, March 11, 2013

Cedera otot dalam pendakian gunung - Sering di alami oleh banyak pendaki. Kita sering mengalami pegal - pegal kaki setelah turun dari gunung. Bahkan untuk sekedar berjalan saja terasa sakit. Dan berikut ini tentang cedera otot dalam pendakian gunung beserta cara pencegahannya.

KRAM BETISKram Betis ( strained calves ) dirasakan seperti terbakar, tidak ada tenaga dan kram pada otot betis. Hal ini diakibatkan saat mendaki tanjakan berbatu yang mengharuskan kita memanjat dengan menaikkan kaki satu persatu sehingga beban tertumpu hanya pada betis , bukannya pada otot paha dan bokong.

www.belantaraindonesia.org

Jika mengalaminya saat mendaki, kita harus istirahat, letakkan kaki yang sakit lebih tinggi dari jantung, dan pijat untuk melemaskannya. Untuk mencegah, sebelum mendaki kita harus melatihotot paha dan otot bokong kita sehingga otot tersebut bisa jadi tumpuan saat menanjak memanjat.

CEDERA PERGELANGAN KAKI
Cedera pergelangan kaki ( Rolled ankle ) ini berupa rasa sakit dan bengkak pada pergelangan kaki, meski kita tidak menyadari kalau kita keseleo selama perjalanan. Cedera ini disebabkan jika otot betis ke bawah kurang kuat sehingga tidak memberikan kestabilan pada pergelangan kaki saat berjalan di tempat yang tidak rata seperti berbatu atau tanah bergelombang.

www.belantaraindonesia.org

Untuk pencegahannya latih keseimbangan satu kaki dengan membawa beban untuk memperkuat otot kaki bawah kita termasuk pergelangan kaki. Jika bolak - balik mengalami cedera, gunakan boot potongan tinggi.

LUTUT GEMETAR
Sakit di otot paha dan lutut gemetar ( sore on quads and / or knee ). Penyebabnya adalah saat turun dengan bawaan masih berat, posisi kesejajaran antara pinggul, lutut dan pergelangan kaki yang tidak tepat, dan terakhir akibat kaki panjang sebelah.

www.belantaraindonesia.org

Untuk mecegah, latih otot torso kita yaitu mulai dari bahu sampai pinggul sehingga tubuh kita stabil dalam membawa beban berat saat turun pendakian. Gunakan juga trekking pole kalau turun gunung.

OTOT PINGGUL SAKIT
Radang sendi Pinggul ( Hip bursitis ) dirasakan sakit luar biasa setiap langkah kita akibat kerusakan jaringan lunak di daerah pinggul. Alhasil, cara jalan kita pasti jadi aneh, seperti malas mengangkat paha kita. Ini yang paling sering kita alami sebenarnya bagi yang suka mendadak mendaki di akhir minggu tanpa persiapan olahraga beberapa minggu sebelumnya.

www.belantaraindonesia.org

Banyak duduk di kantor, langsung mau mendaki, otot pinggul kita lah yang jadi sasaran kram dan sakit selama pendakian. Latihan hip abductor sangat membantu menguatkan otot - otot pinggul kita.

METATARSALGIA
Metatarsalgia ( nyeri pada tulang jari tepat sebelum jari - jari kaki ) dirasakan seperti ada batu tajam di dalam sepatu kita. Hal ini terjadi jika kita menggunakan sepatu yang memiliki ujung sempit atau terlalu lekuk ke atas, selain kebiasaan menapak dengan ujung sepatu terlalu berlebihan saat pendakian.

www.belantaraindonesia.org

Ubah kebiasaan menapak. Tekanan saat menapak harus didistribusikan sampai ke tumit. Bantalan tambahan pada sole dalam dapat mengurangi tekanan di pangkal jari saat menapak.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments



POSTINGAN TERBARU

Copyright © Berbagi Informasi - Murian - Powered by Blogger - Designed by Murian