Posted by : Unknown Wednesday, February 27, 2013


GUNUNG WETAR

Negara Indonesia adalah negara gunung berapi dan biasa dikenal dengan negara cincin api. Bagaimana tidak 13% gunung berapi diseluruh dunia terletak di Indonesia, kita akan sedikit menguak mengenai Gunung Berapi Wetar.
Pulau tropis Wetar merupakan Pulau yang ada di Indonesia terletak di provinsi  Maluku, Pulau Wetar merupakan Pulau terbesar di Kepulauan Barat Daya (harfiah Southwest Kepulauan). Terletak di timur dari Kepulauan Sunda Kecil, yang meliputi Alor terdekat dan Timor, tetapi secara politis bagian dari Kepulauan Maluku. Kearah selatan, melintasi Selat Wetar, terletak pulau Timor, dengan jarak 50 km jauhnya. Ke barat, melintasi Selat Ombai, terletak pulau Alor. Ke barat daya adalah pulau yang sangat kecil dari Liran, Atauro (Negara East Timor). Di sebelah utara berbatasan denga Laut Banda dan timur adalah P.Romang dan P.Damar, serta pulau-pulau utama lain dari Kepulauan Barat Daya.
Sebelah utara Pulau Wetar terdapat Gunung Api yang diberi nama Gunung Api Wetar (sesuai dengan nama pulau) letak Geografis gunung ini 60  - 38,5′ LS  dan  1260 -  39′BT dan termasuk jenis Gunung Api Stratovolcano. Gunung berapi ini sebuah pulau bulat kecil yg terbentuk akibat aliran lava dengan tinggi 282mdpl  dan memiliki kawah pusat dengan kerucut intra-kawah. Dari Lereng Gunung Api menunjukkan bukti bahwa terdapat 3 tanah longsor besar, yang terbesar dari yang membentuk teluk di pantai NE. namun ketinggian totalnya mencapai 5282mdpl dan menjadi gunung tertinggi di Indonesia.
Gunung Api Wetar Pernah meletus pada tahun 1512 dan 1699, menurut catatan sejarah yangg diketahui. 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments



POSTINGAN TERBARU

Copyright © Berbagi Informasi - Murian - Powered by Blogger - Designed by Murian