Posted by : Unknown Tuesday, February 19, 2013


Mendaki gunung. Berapa lama waktu yang hendak Anda butuhkan dalam perjalanan tersebut? Jumlah hari akan menentukan seperti apa barang yang akan Anda bawa. Jadi, lebih baik persiapkan sejak awal bekal perlengkapan pendakian Anda sehingga saat berada di kegiatan tersebut, langkah Anda tak lagi terganggu.


www.belantaraindonesia.org


1.  Tas: Jumlah hari yang dibutuhkan bisa mempengaruhi jenis carrier yang bisa kita bawa. Untuk trip 2 - 3 hari, mungkin tas dengan ukuran 30 - 50 liter bisa menjadi pilihan. Untuk trip 3-5 hari, ukuran tas 50 - 80 liter. Untuk trip di atas 5 hari, ukuran tasnya bisa lebih dari 80 liter.
2.  Perlengkapan naik gunung: Sleeping bag, matras, tenda, senter, kompas / GPS, multipurpose knife, dan korek api ( untuk bikin api ), masker, trekking pole, jaket hujan, sarung tangan gunung, tissue basah, botol minum ukuran besar, trash bag ( untuk membawa pulang sampah makanan yang dibawa mendaki )
3.  Bekal Logistik : Makanan siap saji lebih diutamakan; sosis bungkus, rendang, dendeng, kornet, abon, nasi, makanan kaleng, dan tentu saja peralatan untuk memasak dan makan di atas gunung
4.  Bekal Pribadi : Baju dan Celana. Baju bola cukup direkomendasikan ketika mendaki, karena bahannya tipis, ringan, dan menyerap keringat. Celana Jeans tidak direkomendasikan, karena bahannya menyerap air, berat, dan dingin. Untuk celana rekomendasinya adalah celana kargo ( yang banyak sakunya ) atau celana gunung.
5.  Untuk persiapan malam dan udara yang dingin, siapkan jaket outer dan inner ( polar / hangat ), kaos kaki ekstra, rekomendasinya kaos kaki bola yang tebal dan panjang. Bisa gunakan koyo tempel di telapak kaki dan tangan untuk menghangatkan diri ketika tidur.
6.   Obat - obatan pribadi : Misalkan; Obat maag, obat sakit perut dan sakit kepala. 
7.   Makanan yang Mudah Diserap: Masuk kategori makanan yang mudah diraih, simple, dan kandungan energinya cepat diserap oleh tubuh. Madu, gula merah, pisang adalah rekomendasinya. Kalau mau bawa minuman berenergi pun bisa jadi pilihan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments



POSTINGAN TERBARU

Copyright © Berbagi Informasi - Murian - Powered by Blogger - Designed by Murian